Selamat Datang
di Blog Kami

Minggu, 22 Januari 2012

Fasilitas

0 komentar
Berbagai sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar di MTs Matholi'ul Huda Troso kian hari kian bertambah. Hal itu sesuai dengan komitmen MTs Matholi'ul Huda Troso berusaha untuk menghasilkan kualitas lulusan yang lebih baik dan menjadi sekolah terkemuka khususnya di Jepara dengan berbagai sarana dan prasarana yang dapat mengantarkan peserta didik menggapai cita-citanya.
Fasilitas belajar di MTs Matholi'ul Huda Troso adalah sebagai berikut :
Ruang Kelas
Sebanyak dua belas ruang rombongan belajar yang dapat menampung hampir sekitar lima ratus peserta didik di MTs Matholi'ul Huda Troso. Jumlah ruang rombongan belajar kini terus diperbanyak jumlahnya, lantaran dengan pembangunan kampus baru di sebelah timur madrasah.
Laboratorium Fisika, Biologi dan Kimia
Selain mempelajari materi-materi teori, peserta didik di MTs Matholi'ul Huda juga dapat melakukan praktik untuk menunjang pemahaman peserta didik terhadap suatu materi ajar, khususnya materi sains, yang meliputi: Fisika dan Biologi.
Laboratorium Komputer
Teknologi informasi sudah menjadi kebutuhan pokok di kalangan peserta didik MTs Matholi'ul Huda Troso. Kebutuhan itu dapat ditunjang dengan adanya laboratorium komputer yang dapat dimanfaatkan setiap saat bagi kepentingan pembelajaran. Laboratorium terbagi menjadi dua ruang, di mana setiap ruang terdapat 10 unit personal computer berteknologi mutakhir. Jumlah tersebut akan terus ditambah seiring dengan bertambahnya kebutuhan penggunaan komputer sebagai gerbang menuju era digital.
Laboratorium Bahasa
Keberdaan laboratorium bahasa menjadi menjadi salah satu sarana penunjang kegiatan belajar peserta didik, khususnya di bidang linguistik.
Perpustakaan
Buku adalah jendela ilmu pengetahuan. Pentingnya peran buku sebagai media sumber ilmu pengetahuan menjadi dasar diadakannya perpustaakan di MTs Matholi'ul Huda Troso. Selain buku-buku tentang pelajaran, di perpustakaan ini juga terdapat berbagai jenis buku, mulai dari sastra, ilmu terapan, keagamaan, teknologi, hingga arsip majalah islami dan majalah bola. Semua itu disediakan untuk peserta didik yang selalu haus akan ilmu pengetahuan.
Ruang Keterampilan
- Tata Busana
Mode menjadi salah satu tren yang kian diminati di kalangan remaja dewasa ini. Diharapkan, alumni MTs Matholi'ul Huda Troso tidak hanya sebagai trend follower  di bidang mode semata, tetapi juga dapat menjadi penyumbang ide di dunia mode sehingga menjadi trend setter. Cita-cita tersebut diwujudkan dalam bentuk pengadaan ruang tata busana bagi seluruh peserta didik di MTs Matholi'ul Huda Troso.
- Musik
Disediakan ruang keterampilan musik bagi siswa yang berminat di bidang musik. Di ruang ini, siswa dapat menggunakan semua peralatan yang tersedia, di antaranya: 1 set alat marching band, 1 set rebana, 1 set alat musik band, alat musik dangdut, qasidah, dan lain-lainnya.
- Broadcasting/Studio Radio FM
Peserta didik yang mempunyai minat di dunia broadcasting (kepenyiaran) dapat tersalurkan lantaran keberadaan studio Radio Malida FM yang dimiliki MTs Matholi'ul Huda Troso. Mereka dapat berekspresi di udara menyapa para pendengar.
Musholla
Selain urusan duniawi, siswa juga harus seimbang untuk urusan ukhrawi. Terdapat musholla An-Nur yang berintegrasi dengan pondok pesantren. Jadi, siswa juga dapat memperdalam ilmu keagamaan.
Ruang OSIS
Siswa selain diberikan materi pelajaran, juga diberikan materi kepemimpinan. Ruang OSIS sangat berguna bagi mereka yang terpilih menjadi pengurus OSIS untuk membahas masalah dan kegiatan seputar siswa.
Ruang Pramuka
Pengurus dewan ambalan dapat melakukan rapat atau membahas kegiatan kepramukaan di ruang Pramuka.
Ruang UKS
Bagi siswa yang merasa kurang sehat, dapat beristirahat di ruang UKS, Selain mendapatkan perawatan, siswa juga dapat beristirahat dengan nyaman di ruangan ini.
Koperasi Karyawan
Di Koperasi Madrasah, siswa dapat melengkapi keperluan belajarnya, mulai dari alat tulis, buku tulis hingga perlengkapan lain.
Lapangan Olahraga
- Basket
MTs Matholi'ul Huda Troso mempunyai fasilitas berupa lapangan Bakset yang berstandar NBA. Jadi, siswa dapat belajar basket dan merasakan bermain basket di lapangan yang standar.
- Voli
Disediakan pula lapangan bola voli untuk menunjang minat siswa di bidang olahraga,khususnya voli. Selain lapangannya yang berstandar PBVSI, Didatangkan pula pelatih yang sangat berkompeten di bidangnya.
- Sepak Bola
Terletak 700 m ke selatan dari gedung MTs Matholi'ul Huda Troso. Siswa dapat bermain sepak bola di lapangan sepak bola "Datuk Ampel".
Ruang Guru
Ruang BK
Ruang Tata Usaha
Ruang Kepala
Ruang Bendahara
Ruang MCK
Alat Musik
- Marching Band
- Rebana
- Band
Etalase Surat Kabar
Dengan adanya etalase untuk memajang surat kabar, memungkinkan siswa dapat menambah wawasan dan mengetahui berita seputar Jawa Tengah. Bersumber dari surat kabar yang terkemuka dan diperbarui setiap hari menjadikan siswa semakin luas wawasannya.
Majalah Dinding Emha Pos
Siswa dapat menyalurkan suaranya di majalah dinding ini yang terbit 10 hari sekali dengan bimbingan dari Syaifur Rahman (pengampu majalah dinding emha pos).

0 komentar:

Posting Komentar