Selamat Datang
di Blog Kami

Minggu, 22 Januari 2012

LATIHAN PRAMUKA HARI SELASA

0 komentar
Dewan Ambalan memberikan bimbingan pada Latihan Baris Berbaris
|MTs Matholi’ul Huda Troso| Selasa, 22 November 2011 pramuka MTs Matholi’ul Huda Troso latihan kembali dengan materi yang baru dan menyenangkan. Dengan materi latihan sebagai berikut, yakni: Latihan Baris Berbaris (LBB), latihan upacara pembukaan dan penutupan untuk tingkat penggalang, dan yel dari masing-masing kelompok. Pelatihan kepramukaan yang dimulai dengan Latihan Baris Berbaris itu melatih kedisiplinan dan ketanggapan. Pasalnya, baris berbaris melatih kepekaan pendengaran dari sang pemimpin barisan yang memberi aba-aba siap, setengah lengan, hormat, dan lain sebagainya, serta melatih kepekaan respon motorik (gerak) anggota tubuh dari perintah sang pemimpin barisan.
Suasana saat Latihan Baris Berbaris
Latihan Baris Berbaris dibawah naungan Dewan Penggalang yang dibatu oleh Dewan Ambalan dari MA Matoli’ul Huda Troso itu menjadi dasar untuk latihan yang berikutnya, yakni latihan upacara pembukaan dan upacara penutupan dengan bentuk pasukan angkare atau menyerupai huruf U. Diawali dengan mengambil salah satu anak untuk menjadi pemimpin upacara, pembaca pancasila, pembaca dasa darma , pengibar bendera, dan pembaca undang-undang dasar 1945. Dimulai dengan sang pemimpin upacara memasuki lapangan upacara mengambil alih pasukan, dilanjutkan dengan pembina upacara masuk ke lapangan upacara dan pemberian hormat dari pasukan upacara yang dipimpin olah pemimpin upara, dan lain sebagainya yang ada diupacara pada upacara penggalang. Ditengah-tengah jalannya upacara yang tepatnya pada amanat sang pembina upacara, disini sang pembina upacara memberikan sambutannya, sang pembimbingpun ikut andil dalam amanat ini, Bapak Taufiqur Rohman, S.S. namanya. Dalam hal ini beliau cukup unik, pasalnya pada latihan amanat pembiana upacara pada kelompoknya kali ini disamping digunakan untuk latihan, juga dijadikan mendidik anak asuhannya dengan cerita mendindik yang dibuatnya yang menjadi daya tarik sendiri pada latihan kali ini, sehingga menjadi menyenangkan.
Suasana saat yel
Ditengah-tengah latihan kali ini diselingi dengan latihan yel dari masing-masing kelompok. Masing-masing kelompok yang sebelumnya diberi tahu untuk menyiapkan yelnya sebelumnya, sekarang waktunya untuk menunjukkan kebolehannya. Suasana menjadi seru dan menyenangkan ketika salah satu dari kelompok yang menjadikan kelompoknya untuk yel dalam bentuk serangan tanya jawab, yaitu antara kelompokya Kasri kelas VIII D dengan kelompoknya Heru kelas IX B. Suasana mejadi sangat rame, seru, menyenangkan, bahkan membuat tertawa terbahak-bahak bagi siapa saja yang menyaksikannya, karena sangat lucunya kalimat yang dibuat oleh mereka.
Latihan upacara
Sungguh kegiatan yang sangat menyenangkan dan mendidik, bukan hanya materi kepramukaan yang diberikan, akan tetapi kegiatan permainan dan aspirasi penyampaian kreatifitas siswa yang berupa yel juga ditampilkan, sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk peserta didik. 



"SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN
”IKHLAS BAKTI BINA BANGSA BERBUDI BAHWA LAKSANA”

0 komentar:

Posting Komentar