Selamat Datang
di Blog Kami

Minggu, 22 Januari 2012

Go Green untuk Menyelamatkan Bumi

0 komentar
Kata orang tua saya, pada waktu beliau kecil udara pagi begitu segar dan sawah yang hijau di pinggir jalan serta pohon-pohon yang hijau, namun nampaknya sekarang hal tersebut cukup sulit untuk saya temukan, udara semakin panas, polusi udara semakin buruk sehingga orang-orang jadi lebih mudah untuk jatuh sakit.

Teman, sebenarnya kita dapat merasakan hal indah yang pernah dialami oleh orang tua saya (dan juga orang tua teman-teman). Mungkin beberapa tips ini dapat dijadikan sebagai langkah awal untuk memulai prinsip Green demi menyelamatkan bumi kita. Setidaknya, bisa kita memulainya dari diri kita sendiri

1. Menggunakan Air Secukupnya
Air adalah sumber kehidupan, air yang bersih dan sehat akan menjaga lingkungan dan tubuh kita. Jangan dibuang-buang. Kalau di tempat kita seperti Jepara ini, kita seharusnya bersyukur karena air cukup melimpah. Namun kadang-kadang kita lupa bahwa di tempat lain ada yang sangat kesulitan air. Bahkan saya pernah membaca sebuah berita bahwa ada beberapa daerah di Indonesia yang sangat kesulitan mendapatkan air.

2. Menanam tumbuhan di sekitar rumah kita
Tanaman dan tumbuhan berfungsi sebagai pemancar oksigen bersih, akan lebih baik lagi bila yang ditanam itu pohon, karena pohon akan menjaga kulaitas air kita. selain itu oksigen bersih yang di hasilnyapun jauh lebih besar.

3. Gunakan Teknologi ramah lingkungan
Paling tidak hal terkecil yang bisa kita lakukan adalah mematikan lampu saat tidur, ada manfaatnya yaitu apabila mematikan lampu saat itu baik bagi kesehatan mata, karena mata kita dapat beristirahat dengan penuh.

4. Hindari penggunaan kantong plastik saat berberlanja, gantikan dengan kardus
Plastik merupakan salah satu zat yang sulit di urai oleh bakteri dan mineral-mineral dari tanah, sama halnya streoform  baru dapat terurai setelah melewati umur 105 tahun. Hati-hati yang suka beli makanan yang berbungkus styrofoam, kalau mau di rebus mending pindahkan ke kaca agar tidak terkena racun.

5. Gunakan kendaraan bermotor seperlunya
saya terkadang heran sama orang-orang bahkan teman saya sendiri, pergi ke warung saja yang jaraknya cuma 50 meter malah menggunakan motor, sungguh terlalu malasnya. Kalau kita pun begitu ayo bergerak, gunakan kaki kita untuk berjalan, jangan malas. orang tua zaman dahulu berumur panjang dan saat tua pun tidak sakit-sakitan karena mereka banyak berjalan kaki.

(disadur dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar