Selamat Datang
di Blog Kami

Minggu, 22 Januari 2012

PRAMUKA MTS MH TROSO MASUK DALAM KEGIATAN INTRA

0 komentar
Pramuka???? Apa itu pramuka?..... pramuka merupakan organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti rakyat Muda yang Suka Berkarya. Begitulah kiranya arti dari pramuka yang telah menyebar di seluruh wilayah Indonesia dan negara-negara lainnya.
Biasanya pramuka pada tingkat pendidikan termasuk kegiatan Ekstrakulikuler, namun keadaan ini berbeda dengan pramuka di Mts Matholi’ul Huda yang eksis termasuk kegiatan intra, pasalnya kegiatan pramuka ini mendidik siswa untuk lebih trampil dan tanggap. Latihan pramuka yang diselenggarakan setiap hari selasa itu dimulai sejak selasa, 8 November 2011 itu, mungkin satu-satunya pramuka yang hanya dilaksanakan di MTs Matholi’ul Huda Troso saja. Kegiatan ini dimulai pada jam pelajaran ke-7 dan ke-8 Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso yakni pada jam 11.20 sampai jam 13.00 siang. Kegiatan pramuka ini dilaksanakan secara bergantian antara putra dan putri, jika pada hari selasa ini yang melaksanakan latihan pramuka adalah putra, maka pada selasa depannya adalah permpuan begitu seterusnya. Pada latihan yang pertama kalinya yang melaksanakan latihan adalah kelompok putra. Latihan yang dibimbing oleh
Dewan Penggalang MTs Matholi’ul Huda Troso dan Dewan Ambalan Setiabudi dan Fatmawati dari MA Matholi’ul Huda Troso serta pembimbing muhadhoroh yang menjadi pengawas jalannya kegiatan. Semua murid dianjurkan untuk latihan diluar ruangan. karena kondisi hujan pada hari itu, maka latihan dialihkan dalam kelas dan ada juga yang berada diteras-teras sekolah. Meskipun dalam keadaan hujan, tidak melemahkan semangat peserta didik untuk mengikuti jalannya kegiatan pramuka yang dibimbing oleh Dewan Ambalan dan Dewan Penggalang itu. Dewan Ambalan memberikan pengarahan tentang bagaimana jalannya upacara pada dewan penggalang yang bentuk barisannya adalah angkare (yang menyerupai huruf U).

Salah satu dari Dewan Ambalan yang ikut andil dalam memberikan pengarahan adalah Joko Aji Saputro yang berasal dari kelas XII IPA MA Matholi’ul Huda Troso pada kelompok yang dibimbing oleh Mahaj Khoirunnas, S.Pd. Pengarahan yang dimulai dari memberkan tata cara sikap siap yang benar, cara hormat dan gerakan baris-berbaris lainnya serta mencontohkan jalanya upacara pada tingkat penggalang. Seperti gambar disamping dengan mencontohkan sang pemimpin upacara menjalankan tugasnya dalam upacara dan sang pengawaspun juga ikut andi menjadi sang pembina. Begitu selesai pelatihan upacara, Dewan Ambalan dan kawan-kawan menyampaikan materi untuk pertemuan berikutnya nanti yakni membuat yel. dihimbau kepada pserta didik pada pertemuan berikutnya bisa mengikutinya secara baik, maka diberikan pengarahan dan contoh yel. Ternyata ada salah satu siswa yang sudah bisa yel dan mencontohkannya kepada teman-temannya.
Hal di atas diterapkan karena Gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia dengan tujuan agar;

* anggotanya menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budi pekerti dan kuat keyakinan beragamanya.

* anggotanya menjadi manusia yang tinggi kecerdasan dan keterampilannya.

* anggotanya menjadi manusia yang kuat dan sehat fisiknya.

* anggotanya menjadi manusia yang menjadi warga negara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia; sehingga menjadi angota masyarakat yang baik dan berguna, yang sanggup dan mampu menyelanggarakan pembangunan bangsa dan negara.

SATYAKU KUDARMAKAN DARMAKU KUBAKTIKAN

0 komentar:

Posting Komentar